Rangkuman Kecil

DSCN3107.JPG

Hari-hari berjalan begitu cepat. Kata orangtua saya, tampaknya baru kemarin saja saya lahir, SD, bertumbuh, lalu tiba-tiba sekarang sudah sebesar ini saja. Rasa cinta membuat mereka melampaui waktu dengan cepat dan terkesima dengan peubahan waktu itu sendiri. Tanpa menghiraukan masalah apa  yang setiap waktu dapat teradi. Mrreka laluui.

Baru kemarinn tampaknya pencalonan walikota Kota Yogyakarta itu dilalui. Bersama tim JOINT (Jogja Independent) yang saya sendiri belum pernah bermimpi dapat menemuinya, ternyata takdir berkata lain. Hingga detik ini. Semua berjalan begitu cepatnya seperti tanpa beban dirasakan. Saya semakin yakin bahwa sesuatu yang kita kerjakan dengan hati akan selalu dapat dijalani dengan baik walaupun tampak sangat sulit bahkan tidak mungkin di awal. Terlampau banyak peristiwa pembelajaran hidup yang saya terima dalam setidaknya Maret hingga Mei ini. Dari peristiwa-peristiwa itulah saya dapat temui bahwa berani mencoba hal untuk kemajuan adalah kewajiban yang harus manusia lakukan demi perubahan yang lebih baik. Banyak alasan untuk kita dapat saja menerima segala sesuatu dengan apa adanya dan menjadikan banyak alasan juga untuk menerah pada keadaan, namun keberanian itulah hal yang membedakan seseorang dengan yang lainnya. Nyali.

Saya juga merangkum bagaimana hentakan perjuangan itu juga bisa kembali ada di titik terbawah dalam hidup. Oh ya, bayangkan saja ketika harus melakukan banyak perjalanan dengan niat kebaikan, namun dihadang dengan banyak sekali hal klise yang kadang saya merasa “harus menyerah secepat mungkin’. No money. No temporary shelter to sleep. No enough safety to speak up. No other choice to choose. Tetapi saya percaya bahwa Allah swt lah yang selalu memiliki ‘sinar’ terbaik. Ia benar-benar tahu seperti apa harus memperlakukan hamba-Nya yang sudah kepayahan bergerak sementara gagasan besar di depan mata. Ia tidaklah diam. Ia lah yang menggerakkan hati banyak dukungan anak muda dari segala penjuru hadir melalui Facebook dan apapun media komunikasi saya dan kawan seperjuangan. Hingga kini, tidak ada sejengkal karyapun yang saya bisa tasbihkan sebagai karya 100% saya. Ada banyak sekali campur tangan Tuhan dalam tiap jengkalnya. Mempertemukan banyak puzzle-puzzle kehidupan, teman, institusi, ide, dan banyak hal lain yang entah saya harus sebut apa lagi. Speechless.

Kini komunitas yang saya bentuk pun semakin bertambah usia. Semakin banyak beban moral yang dipikulnya untuk pemuda. Nanti, 29 September 2016 adalah usianya yang genap 5 tahun. “Balita” pembangunan dan “motor perubahan” yang semoga dapat jadi tumpuan harapan. Disitulah banyak gagasan terwujud. Dimulai dari satu-dua orang yang hadir dalam kegiatan, hingga kini merambahn ke jejaring internasional sekelas PBB. Sungguh diluar dugaaan.

Kadang saya sering “bertengkar” dengan batin dan pikiran saya sendiri tentang pemikiran akankah hal-hal yang saya lakukan ini akan membuat saya kaya? Saya “bertengkar’ dengan hiruk-pikuk perkembangan zaman yang sekarang melihat kesuksesan orang dari berapa dan apa merk apapaun yang dikenakannya. “Uang memang tidak dibawa hingga mati, tapi tanpa uang pusingnya setengah mati”. Salah satu kutipan penting yang cukup menyentil. Hidup dengan proporsional sekiranya adalah jalan damai itu. Biarkan uang lewat dan bermanfaat untuk hal yang lebih hakiki. Saya mempersilakannya, namun tidak akan terlalu menahannya.

Saya mencintai perjalanan, seberapa panjang pun itu. Tetapi saya selalu ingat tempat pemberhentian. Sedikit demi sedikit menciptakan kemajuan adalah perjalanan yang mungkin memiliki pergolakan. Tetapi kemenangan tokoh-tokoh besar dunia untuk menaklukkan rintangan itu, akan selalu menjadi “bara api” bagi siapapun. Termasuk saya.

Siapapun kamu yang ada di pojok kebimbangan, jangan berlama-lama. Dunia menanti kita. Dunia menanti karya kita!

Emmy Yuniarti Rusadi

10 Mei 2016

4 hari menjelang ASEC Seminar and Workshop di Magelang

(Foto: sebuah senja di Nglanggeran, dok.pribadi)

Leave a Reply

