Remah-Remah Roti Tuhan:Semangat Membagi Wawasan

REMAH- REMAH ROTI TUHAN: SEMANGAT MEMBAGI WAWASAN

Oleh:

Emmy Yuniarti Rusadi

Dunia selalu menguji kita dengan segala rupa. Kesedihan, keterpurukan, kejengkelan, dan banyak hal negatif lain yang seringkali manusia anggap sebagai musibah. Tetapi ada zat yang lebih ngerti apa itu dunia. Esensi dunia lebih pada bagaimana kita menggunakan akal dan qalbu untuk memilah hal- hal terbaik untuk bekal kehidupan kekal setelah kematian. Adalah masa muda ketika mimpi- mimpi terpatri dengna baik, sementara ada saja hambatan yang harus dilalui. Jangan menyerah dan terus selalu bersyukur adalah senjata paling ampuh untuk menjadi pemenang!

Sering saya mendengar keluhan dan beberapa konsultasi informal masuk ke Inbox Facebook saya. Sekedar menanyakan tentang skor TOEFL atau apapun itu tentang akademik hingga tantangan hidup. Pada saat itu saya berpikir mereka agaknya salah mengirimkan pertanyaan dan keluhannya pada saya karena saya bukanlah siapa- siapa. Seberapa sih pengalaman saya, saya masih memiliki banyak sekali “pekerjaan rumah” dan merasa belum membuktikan banyak hal. Tetapi saya bersyukur bahwa ada kepercayaan dari mereka untuk saya bantu. Saya sangat beruntung bisa turut belajar dari kisah itu. Saya senang dan merasa inilah saatnya menjadi pribadi yang semoga bisa bermanfaat bagi orang lain. Tulisan ini sekaligus menjadi penyemangat, sekedar vitamin, dan bukannya obat. Obat sesungguhnya adalah muncul dari diri sendiri! Bukan dari saya, tetapi dengang “mendengar bisikan Allah swt”. Kemana saja langkah kaki demi kebaikan diarahkan, Tuhanlah yang selalu mengerti dan menunjukkan apa yang terbaik bagi kita.

Ada kisah tentang kawan yang awalnya minder menulis. Apapun itu. Ketakutan telah memburamkan kenyataan bahwa dia hebat dalam merangkai kalimat mennjadi semangat. Dia hanya butuh waktu tak lebih dari 6 bulan untuk berani menjadi dirinya sendiri. Saya hanya bilang bahwa tidak usah pikirkan bagaimana orang lain bahkan pembaca berpikir negatif tentang tulisanmu, menulislah dan biarkan dunia saksikan suaramu! Niatkan menulismu untuk membuka tabir pengetahuan insan lain. Untuk membagi inspirasi ke banyak orang. Banyak hal sederhana di dunia ini yang rasanya dekat dengan kehidupan namun lalai dijadikan inspirasi. Tugas orang- orang yang sadar untuk menuliskannya dan menyebarkan semangat kemajuan itu! Bukan keajaiban jika Allah swt mudahkan jalannya untuk menulis dan menginpirasi publik. Saya cukup geleng- geleng kepala membaca tulisannya yang saya sendiri tak percaya itu tulisan kawan saya. Dimana ada keinginan, memang selalu ada jalan. Dengan melihat hal- hal seperti ini juga menjadi pengingat bagi saya untuk terus mengasah diri dan berbuat lebih baik lagi. Membantu bukanlah hal untuk dibanggakan, justru itu adalah ujian karena selalu ada remah- remah roti Tuhan. Tuhan sampaikan orang ini pada kita untuk kita instrospeksi diri atau hal lain yang mungkin kita lali. Ini cara tidak langsung agar kita memiliki cermin diri.

Bagaimanapun, ini hanyalah tulisan kecil. Semoga selalu ada inspirasi muncul di setiap kehidupan kita. Kapanpun itu. Percaya dan telitilah pada remah- remah roti Tuhan. Selalu ada rentetan cerita hidup yang saying untuk dilewatkan. Bersemangatlah dan jangan lupa membagi wawasan J

Semangat Selasa, 24 Juni 2014

2 thoughts on “Remah-Remah Roti Tuhan:Semangat Membagi Wawasan

Leave a Reply

