Impian di Tepi Bakaro (Kumpulan Cerpen Manokwari)

Impian di Tepi Bakaro

(Kumpulan Cerpen Manokwari)

Impian di Tepi Bakaro

Gambar: Cover Kumpulan Cerpen “Impian di Tepi Bakaro”, dengan perubahan

Agaknya saya sudah lama tidak menulis pengalaman membaca buku fiksi. Maret 2014 lalu saya sangat beruntung karena seorang sahabat seperjuangan di MPKD UGM memberikan buku kumpulan cerpen khas mengenai kisah- kisah hidup dan perjuangan anak- anak di Papua. Menakjubkan! Saya sering membaca buku non- fiksi tentang Papua dan seringkali mempertontonkan masa depan ‘suram” disana karena masalah ekonomi, lingkungan hidup, dan beberapa “ton” masalah yang diungkap di media massa nasional maupun internasional. Tetapi bersama aktifis, saya selalu percaya bahwa masa depan cerah itu selalu ada, selalu dapat dicapai. Buku ini memberikan bukti itu! Tetapi mungkin sebelum membaca artikel ini kawan pembaca juga penasaran dimana itu Bakaro? seperti apa itu Manokwari? Googling-lah sebentar dan temukan pesona lansekapnya 🙂

“Impian di Tepi Bakaro’ adalah kumpulan cerpen putra-putri Manokwari yang diwadahi oleh KSM (Komunitas Suka Membaca). Saya sangat menaruh hormat pada Bang David Pasaribu yang terus mendorong anak- anak Papua rajin membaca dan menulis. Sekaliber mbak Windy Ariestanty pun menulis gemilang :

“ Karya cerpen para penulis muda Manokwari ini ‘harta karun tak ternilai’ karena sarat dengan lokalitas timur Indonesia. Saya percaya akan terus lahir penulis- penulis muda Papua yang bisa memperkaya dunia literasi Indonesia”.

Cerpen- cerpen ini menuturkan secara jujur bagaimana cita- cita itu harus dibentuk sedari kecil, bagaimana nurani khas Indonesia Timur itu lahir dari alam yang membuatnya berjuang, bahkan kisah cinta juga dirangkum dengan mengesankan bahkan terkesan “lugu” namun berkarakter. Apa yang saya temui saat pertama kali membaca cerpennya persis seperti pesan Bang David bahwa ini menjadi media bagus untuk belajar Bahasa khas Papua. Wah kitorang su baca bang! (bagin ini saya masih akan terus belajar karena Papua tidak pernah saya hapus dalam daftar travelling dan riset saya hehe).

Apakah kita pernah membayangkan bahwa perjuangan mencapai pendidikan tertinggi itu bukan sekedar mencari pengakuan akademik? Cerpen berjudul “Cita- Cita Kecil untuk Bapa dan Mama” adalah kisah yang bertutur dengan lembut. Tarik ulur impian orangtua dan seorang anak yang kuat menggapai impian untuk masa depan yang lebih baik. Hidup mengajarkan banyak petualangan, tetapi hidup lebih mengajarkan kita tentang apa itu perjuangan!

Kemudian kisah mengenai adaptasi budaya, salah satu kunci kesuksesan pembangunan sebenarnya, juga ternyata muncul dalam cerpen berjudul “ Kenapa Trada Kereta deng Delman e…”. Hayo tebak artinya, siapa bisa? Komen saja di kolom komentar ya. Orang Jawa yang merantau ke bumi Papua merasakan bagaimana orang Papua juga manis sekali membimbing orang lain mempelajari daerahnya. Kita bisa belajar juga jika hal ini diterapkan ketika kita ke bagian Indonesia manapun atau luar negeri sekalipun. Berpikirlah positif pada suatu tempat, kelak tempat memberi energy positif padamu.

Masih banyak cerpen lain yang total berjumlah 14 cerpen. Ini benar- benar miniature Papua, terkhusus Manokwari. Bagaimana pesisir mengajarkan anak- anak disana untuk mengolah kata indah juga dapat dirasakan. Muncul keinginan saya untuk terus menggeloarakan semangat membaca dan menulis disana. Untuk turut serta aktif, tampaknya kita bisa juga menghubungi KSM (Komunitas Suka Membaca) yang lahir 20 April 2013 ini. Sudah ahmpir ulang tahun nih! Saya juga menyarannkan untuk rekan- rekan pembaca dapat segera memesan buku ini. Terimakasih Bang David Pasaribu dan kawan- kawan KSM J

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s