Revolusi Fisika

REVOLUSI FISIKA

oleh:

Emmy Yuniarti Rusadi

(pernah dipublikasi dalam milist Planologi UGM, ditulis pertama kali pada 17 Juni 2010)

Berbicara soal Isaac Newton, berbicara soal dua hal utama yang menonjol dari sejarah hidupnya. Info untuk teman-teman juga, saya pernah membaca buku favorit saya :), Revolusi Fisika hingga akhir.Pengarangnya adalah seorang dosen. Pungutan artikelnya dari buku-buku asing juga, karena notabene buku-buku ulasan seperti itu jarang sekali berbahasa Indonesia.

Buku tersebut memberikan beberapa list soal Newton:
1. Seorang alkemi
2. Penyihir mistrius
3. Ilmuwan ‘apel’
4. Penjiplak karya

Bagaimana mungkin orang bisa percaya dengan list nomor 4?? Penjabaran ada pada buku tersebut, nmun tentu, tidak menjadi fokus. Newton hidup di masa transisi jaman orang kuno dan modern. Kover dari buku ini menjadi semacam visualisasi maksud si penulis tentang hal itu, dimana digambarkan sosok ilmuwan yang sebagian tubuhnya di zona magis/kuno, sementara sisanya di jaman penuh dengan sinar (penerahan, modern).

Penulis menuliskan apa yang banyak orang ilmuwn bahas, bahwa Newton sangat tertarik mempelajari alkemi (kimia) untuk menemukan resep hidup ABADI !! Tanpa berpikir memojokkan, kita juga perlu peka, apa sebetulnya istilah magis itu dipakai?? Apa hubungannya dengan istilah sihir segala??

Jaman Gypsi, orang masih mengenal sihir, itu terjadi di Eropa. Kebiasaan mereka terus menjalar hingga gereja memutuskan kaum itu harus diberangus (masa Dark Ages). Ilmu ini terus dibudayakan secara tersembunyi melalui ilmu pengetahuan. Bagaimana bisa?? Melalui diskusi dan pencarian zat kimia. Ya, itu kajian sejarah saintis yang cukup akurat memang. Disebut magis, karena orang belum pernah mendengar zat-zat tersebut sebelumnya di Eropa, padahal ahli Arab yang menamai pertama kali istilah Al-Khaimy/Al-Khemi menjadi Chemy (di daratan Eropa) lalu chemistry (sekarang) atau kimia (di Indonesia.

Newton yang diberi gelar kehormatan di Royal Society (perkumpulan ilmuwan dan bangsawan Inggris) ini ternyata terinspirasi (kalau tidak bisa dibilang menjiplak) karya ilmuwan Arab beberapa ratus tahun sebelum dia hidup !!!

Banyak pemikiran ahli yang menarik untuk disimak, tetapi kenapa saya selalu menemukan pola yang sama, rata-rata mereka berasal dari kalangan rendah pada awalnya, penuh kesengsaraan hidup, dan bertemu dengan hal ‘sepele’ namun mengguncang dunia!!!

Pesan : tetaplah membaca dari berbagai sudut terhada suatu tokoh, karena histori hidup itu bukan seperti kubus tanpa muka, sisi, dan belakang. Boleh jadi kita menemukan lukisan indah di bagian muka, tetapi ternyata lukisan hantu di bagian belakangnya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s