Thanks to Kampung Halaman#One of Youth Generator in Indonesia

Beberapa waktu lalu, kawan lama menunjukkan pada saya sebuah artikel tentang satu gerakan pemuda yang turut pula menyumbangsihkan dedikasinya untuk isu-isu lingkungan karena terdapat nama saya juga di artikel tersebut. Saya merasa dia bercanda, tetapi tidak.  Hal yang menarik, ternyata link berikut juga menjelaskan beberapa poin perjuangan Kampung Halaman. Bisa langsung dibaca dan simak pula banyak segmen artikelnya. Selamat membaca:

http://www.kampunghalaman.org/new/kampunghalaman/content.php?page=detailberita&id=49

“Oleh-Oleh dari Palu: PEMUDA dan LINGKUNGAN HIDUP

Pada tanggal 27 Oktober 2012, Yayasan Kampung Halaman diundang dan –semacam- mengemban tugas dari Dikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga) Daerah Istimewa Yogyakarta, mewakili provinsi D.I Yogyakarta, untuk mengikuti Konferensi dan Pelatihan Kepeloporan Pemuda bidang Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup. Konferensi dan pelatihan ini bertempat di kota Palu, Sulawesi Tengah, dan dihadiri oleh satu orang pemuda/i sebagai dari setiap provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Disini Kampung Halaman mengirim salah satu wakilnya, Yuda Rasyadian Aliaras (saya sendiri) untuk menghadiri konferensi dan pelatihan kepeloporan tersebut.

Yayasan Kampung Halaman dipilih oleh Dikpora provinsi Yogyakarta sebagai wakil dari D.I.Yogyakarta, atas pertimbangan -serta apresiasi- saat program manager Yayasan Kampung Halaman, Abu Juniarenta, menjadi pembicara di simposium yang diadakan oleh fakultas Fisipol UGM yang dilaksanakan di ruang auditorium kedokteran UGM, yang bertajuk “Pemuda dan Lingkungan Hidup”. Pengisi acara di simposium ini bukan hanya dari Kampung Halaman saja, antara lain adalah pak Edi, Kepala Balai Pemuda dan Olahraga Yogyakarta Ir. Edy Wahyudi, M.Pd serta Emmy Yuniarti Rusadi, Staf Divisi Penelitian dan Pengembangan KOPHI Yogya. Setelah simposium tersebut, pak Edi mengundang Kampung Halaman, serta mengemukakan langsung mengapa Yayasan Kampung Halaman adalah yang dia pilih untuk menjadi wakil Yogyakarta. Menurut pak Edi, apa yang dipresentasikan mas Abu (sebagai wakil Kampung Halaman) di simposium tersebut, menjadi gambaran penting bahwa pergerakan akan peran pemuda dan remaja itu perlu dilakukan dari sudut pandang yang terbalik, bukan dari kita yang menanam pemahaman tetapi bagaimana pemuda dan remaja benar-benar mengenali permasalahan yang ada disekitar mereka, khususnya masalah lingkungan, serta melakukan ‘act’ serta ‘action’ dalam bentuk yang sederhana, dan langsung.

Konferensi dan Pelatihan Kepeloporan Pemuda Bidang Perubahan Iklim & Lingkungan Hidup ini dipenuhi dengan berbagai acara, dimana rangkaian ini juga bertepatan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh tanggal 28 Oktober 2012. Beberapa acara yang saya jalani adalah: seminar, Focus Group Discussion (FGD), olahraga bersama, upacara besar bersama memperingati hari Sumpah Pemuda, dan membuat rancangan ide atau rekomendasi untuk Kemenpora. Dibawah ini saya akan membuat ulasan mengenai bagian-bagian acara tersebut dari sudut konten dan kegiatan aktifnya………………..”

bersambung dalam website resmi Kampung Halaman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s