Menjadi Pembicara dalam Forum Nasional Youth Power 2012

_MG_6421

Pemuda tidak akan pernah mati. Dia adalah generasi yang akan selalu ada dan akan menjadi motor yang paling cepat bereaksi. Dari reaksi itulah muncul banyak dinamika kreasi. Bertindak itu ternyata tidak mudah. Tidak cukup kita hanya meneriakkan kata aksi berkali-kali. Pemuda memerlukan banyak sekali ‘asupan gizi’ .

Salah satu kesempatan berharga ketika saya menjadi pembicara dalam forum nasional mahasiswa-mahasiswa tingkat nasional dalam kegiatan bertajuk YOUTH POWER 2012 oleh Jurusan Sosiologi Universitas Gadjah Mada bertemat di Auditorium Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada. Saya tidak hafal berapa banyak mahasiswa yang hadir, tetapi antusiasme mereka yang juga membuat saya lupa hal tersebut. Saya berkesempatan memamparkan materi berjudul “URBAN HEAT ISLAND DAN SOLUSI MENGATASINYA” (saya menjadi pembicara atas nama KOPHI Region Jogja dan hadir bersama Rida Nurafiati yang selanjutnya menjadi Ketua KOPHI Jogja 2012-2013). Ada total tiga pembicara, dua yang lain adalah berasal dari pemerintah daerah urusan kepemudaan dan organisasi pemuda Kampung Halaman. Pada dasarnya materi berujung pada apa saja peran pemuda yang dapat dilakukan secara lebih nyata dan wawasan persiapan meningkatkan kemampuan diri pemuda Indonesia. Khusus dalam pemaparan saya, dapat diunduh di link berikut:

https://dl.dropboxusercontent.com/u/28331893/KOPHI_YOUTHPOWER.pdf

Pada dasarnya tindakan yang dapat membantu minimal adalah pengurangan produksi CO2. Dapat dari kebiasaan manusia itu sendiri dalam bertransportasi, membangun gedung, menggunakan produk-produk interior dalam propertinya, dll.  Semangat muda, semangat memperbaiki bangsa!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s