Jadi Apa yang Membuatmu Tidak Bangga dengan Indonesia?

Jadi Apa yang Membuatmu Tidak Bangga dengan Indonesia?

(Remembering Monday, September 24, 2012 at 9:08pm)

Apa lagi ini? Hehe, masalah baru ya waktu kamu melihat macet disana-sini? Enggak dong. Itu masalah lama kok, jangan heran. Gimana kalau soal sengketa lahan? Wah kalo yang ini sih biang keroknya masalah dimana-mana. Penjajah sekarang g bertampang kolonial tempoe doloe braiii. Wah, g asik inih topik. Trus, apa lagi? Gimana kalo soal tawuran? Hahaha, itu sih bisa jadi menu utama akhir-akhir ini nih. Tuh, tonton aja deh siaran-siarannya. Bukannya ngangkat anak muda berprestasi hehehe. Tapi dunia emang imbang kan yahh. Ada hitam ada putih. Ada baik ada buruk. Tapi mungkin banget nih, akhir-akhir ini adalah masa buruk, waktunya banyak-banyak dzikir ama istighfar. Isinya g karuan, tugas kuliah udah puyeng, itu lagu nambahin. Kasihan, mahasiswa yang sehari-hari makan burjo juga lupa makan siang masih harus mikir masalah berat. Gizi g seimbang. Mesti tambah pusing kan?????

 

Nah lo, yang jawab iya, mungkin nanti bisa dihapus dulu. Ini bukan ujian akhir yang musti melingkari jawaban kok hahaha.

 

Banyak prestasi tersembunyi yang belum banyak keekspos nih di media. Anak muda yang menghasilkan karya ilmiah ( tahu juga dari Om Andy di M#tr@ Tv). Trus pengusaha tempe yang berhasil memasarkan tempe buatannya ke 400 titik lebih di Jepang. Edannya lagi, sampe Pulau Hokkaido segala. Gokil! Ginian nih yang musti ditiru. Ngomong-ngomong soal tempe, wawancara langsung tadi pagi pengusaha tersebut oleh TV @ne. Kebetulan nonton dan merasa menghirup udara seger. Gimana enggak, beliau memulai usaha di tahun 2000. Jagonya lagi, 20 orang pertama menolaknya mentah-mentah karena mukanya Jawa abis, hehe. Bukan muka Jepang. Itu namanya baru tantangan. Beliau merasa bahwa beliau hanya kurang banyak mengetuk pintu restoran, menawari lebih banyak warga Indonesia lain, bahkan beliau berpikir bahwa pintu hati orang g perlu digedor kenceng-kenceng buat usaha. Kuncinya IMAJINASI. Hahaha, kebetulan banget kata ini juga yang aku suka. Imajinasi itu g terbatas, jadi kata beliau, urusan mesin dan bahan membuat tempe kan urusan teknis, mesti ada batasnya. Jadi setiap mau tidur, beliau hanya berpikir dan menguatkan imajinasi untuk menciptakan produksi tambahan tiap harinya. Trus dimana letak hebatnya?

Gini, tempe produksi awal beliau pasarkan ke mahasiswa Indonesia, pekerja Indonesia disana, pada orang Indonesia tetangganya. Trus? ini dia letak kehebatan Indoneisa. Mouth by mouth promotion  ama kekerabatan yang kuat menjadikan rasa untuk memajukan bersama itu tumbuh. Indonesia bukan bangsa yang individualis kalau soal cita rasa mie #eh, cita rasa persatuan. Dimana-dimana orang Indonesia mesti terkenal menegakkan budaya “patembayan”, semacam membantu sesamanya untuk maju agar stratanya sama. Seperti Bung Karno bilang, bahwa internasionalisme tanpa nasionalisme, atau sebaliknya itu g berarti apa-apa kecuali saling melengkapi. Sebetulnya pejuang-pejuang Indonesia di luar sana sudah mempraktekkan itu semua. Berjibaku ngangkat nama bangsa, walau mereka baru sadar setelah mereka berhasil.

 

Well, banyak hikmah yang bisa dipetik dari kisah tempe di Jepang. Hayou, cuma yang jadi masalah, janga sampai nanti ada caplok-caplok warisan budaya. Tempe asli Jepang misalnya, waduh, bisa rame lagi nih ntar. Hahaha. Semua yang kita punya terlihat tidak berarti di negeri sendiri. Jadi, buka mata, buka telinga, buka wawasan dan kemauan, InsyaAllah ada jalan.

Sampai disini, masih kurang bangga dengan negeri sendiri, Indonesia? Ini baru satu kisah sukses loh, masih berjibun di luar sana belum terekspos karena pemerintah mungkin sibuk urus korupsi. Besok-besok, kamu-kamu pembacalah yang menuliskan prestasi itu sendiri. Grab your great future guys 🙂

 

—free share tanpa tagihan pembayaran—

NB: Soal bayar, ingat TDL bakal naik per Januari 2013 ini #no offense hehehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s