Berbagi Inspirasi

Berbagi Inspirasi

 (Remembering Monday, January 7, 2013 at 12:43am)

oleh:

Emmy Y.R

(Free to Share this Note)

“Inspiration comes like the lights. So bright, but we can not touch and see the exact colours”

Inspirasi bisa datang kapan saja, dimana saja, ketika bertemu siapa saja, bahkan dia kita sadari setelah beberapa tahun kita baru mengingatnya. Berterimakasihlah pada Tuhan karena otak masih mampu merekam dengan baikkejadian-kejadian bermanfaat dalam hidup kita. Ini inspirasi ketika keteguhan seorang ibu harus diuji saat maut hampir merenggutnya. Beberapa tahun lalu, ibuku. Tulisan ini juga untuk menyemangati siapapun diantara kalian yang menghadapi saudara atau keluarga yang sedang sakit. Umur adalah sesuatu yang misteri. Ketika ibuku dulu divonis hanya bertahan tiga bulan saja, aku belum paham apakah cerita itu benar atau tidak. Hal yang bapak sampaikan adalah tetap membuat tiga putranya gembira. Tidak ada raut sedikitpun kesedihan, entah atau aku saja yang tidak tahu ketika dinihari bapak harus terbangun berdoa. Sepertinya itu masih SD/SMP. Bapak menceritakan tentang vonis dll setelah ibu sembuh.

Inspirasi itu adalah tentang nilai berpikir optimis. Manusia semakin sadar bahwa ujian yang didekatkan padanya benar-benar memberi arti. Ujian kesakitan itu adalah hikmah. Itu membuatku semakin tahu bagaimana rasanya orang-orang terkasih hadir dalam hidup. Ketika harus berjibaku bersama menghadapi vonis maut. Pekan ini sering kuterima sms donor darah dll tentang bagaimana upaya menyelamatkan nyawa seseorang. Pernah kutemui teman menerima pesan sejenis, dengan serta merta dihapusnya. Dia bilang itu memberinya pikiran negatif soal orang sakit. Masuk akal, tetapi tidak masuk hati. Satu sms itu menyelamatkan. InsyaAllah. Sesibuk apapun kita, sebaiknya teruskan pesan itu ke orang-orang yang sekiranya dapat membantu. Tetapi pastikan juga kejelasan CP dan akses lanjutan, misalnya ke PMI rumah sakit dll. Dulu pernah terdapat sms yang mengisyaratkan hal yang sama, sempat menyebar di kalangan teman-teman BEM dan MPM, tetapi beberapa menit kemudian terdapat sms susulan bahwa itu adalah info sesat tentang donor ilegal. Lepas dari itu, inspirasi berbagi itu semestinya semakin besar. Rasanya indah ketika kelak kita diujung maut, ada gambaran indah tentang apa yang sudah kita lakukan selama hidup, salah satunya berbagi sms menyelamatkan nyawa orang lain.

Inspirasi yang hampir sama datang ketika aku berdiskusi dengan teman sesama mahasiswai. Membahas film Turtle Can Fly. Sebuah tragedi kemanusiaan di jazirah sana. Dia lantas mengatakan bahwa, jika suatu saat ada kesempatan mendukung PMI ke negeri konflik, dia ingin melakukannya. Dan niatnya terwujud. Iran menjadi negara yang berhasil dia kunjungi, entah apalagi kemudian. Banyak hal-hal yang menggetarkan sisi-sisi kemanusiaan orang, apapun latar belakangnya. Tetapi sebagai hamba, aku bisa sampaikan bahwa tiada lagi misi terbaik selain misi kemanusiaan. Hanya saja kesempitan berpikir orang semakin menjadi. Kadang inspirasi-inspirasi bagus tersebar dan terpecah. Menafsirkan bahwa masalah kemanusiaan hanya maslah perang dan konflik. BIG NO!.

Kalau kita lihat satu bungkus permen di lantai lobi, kita diam. Kalau lihat teman memboroskan air di wastafel kita juga diam. Kadang kita menisbikan hal-hal kecil, sementara boleh jadi, seliter air akan bermanfaat untuk anak kurus di Ethiopia. Jangan-jangan bungkus permen itu mengajarkan bahwa siapapun boleh membuang sampah dimanapun, ok, dan itulah mental yang semakin tertanam, bahwa juga sampah bukan urusan mahasiswa atau orang berpakain rapi, kan sudah ada cleaning service yang sudah dibayar. Benar juga, tetapi ada hal lebih baik yang bisa dilakukan. Pungut selagi mungkin, masukkan tempat sampah, dan biarkan siapapun yang melihat menirunya. Kontribusi itu bagian dari kontribusi kemanusiaan, kepedulian. Ini hanya satu yang bercabang menjadi banyak kebaikan. Maka benar juga, barang siapa menanam satu kebaikan, bahkan ketika niat kebaikan itu sudah ada, capaian pahalanya lebih banyak. Niat buruk hanya bernilai satu dan Tuhan pun segera mengampuninya ketika niat baik itu menutupnya.

Inspirasi bisa datang dimana saja, jadi bersiaplah membuka lebar-lebar hati dan pikiran kita. Semoga selalu mendapat inspirasi positif. Jangan lupa berbagi :))))

0:40 with my laptop

Special to Adistiara H:: We love your mom. Get well soon of your mom 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s