Ahmad Dhani dan Dangdut

Ahmad Dhani dan Dangdut

(Remembering Monday, January 7, 2013 at 1:08am)

Baru-baru ini tertarik nih ngamatin acara X-Factor Indonesia. Lumayan juga untuk melihat kekocakan atau bakat-bakat unik pesertanya. Makin tahu aja kalau acara beginian memang menyedot animo luar biasa. Ribuan orang mendaftar untuk menunjukkan bakatnya. Apa maknanya? Indonesia masih haus wadah penyaluran bakat, pasar menyambut, padahal desain acara Amerika punya hehe. Well, dalam salah satu episode ditayangkan peserta yang bernyanyi dangdut, begitu menggoda. Belum selesai musik, Ahmad Dhani bilang YES!. Dia balik bertanya ke juri lain apa yg bisa dicela dari peserta itu. Akhirnya juri lain ingin peserta meneruskan pertunjukannya. Dan akhirnya memang semua juri berkata “YES!”. Kalau diperhatikan, Ahmad Dhani mengatakan bahwa penyanyi dangdut itu punya cara menyanyi yang khas. Dangdut justru jenis musik yang paling susah dibanding pop, jazz, dll. Orang yang bisa bernyanyi dangdut, pasti bisa menyanyikan genre lain asal dilatih. Langsung deh kepikiran banyak hikmah nih bisa diambil:

1. Well, Indonesia punya genre musik yang susah, lebih susah dari genre musik internasional. Jadi, g ada alasan buat minder sebenernya. Nah yang jadi soal kayaknya lebih ke “kemasan” dangdutnya sendiri. Gimana kalau dibuat tidak berkesan erotis. Gimana kalau isi lagunya bukan soal umbar pesona, gimana kalau isi lagunya soal kebudayaan, atau promosi pendidikan mungkin oke juga. Hohoho, degradasi itu bangsa ini juga yang buat.

2. Ketajaman pandangan ditambah keyakinan itu modal profesionalitas. Bayangkan kalau Ahmad Dhani benar-benar hanya tertarik karena pesertanya yang molek itu saja, mungkin argumen dia dan balik bertanya ke juri lain itu terlempar mentah-mentah. Aniwe, ini bukan tulisan untuk membela Ahmad Dhani atau peserta dangdut itu ya 🙂

3. Kepercayaan diri orang akan mengalahkan estimasi minor orang. Kalau diperhatikan lagi, peserta itu benar-benar all out menampilkan dangdutnya. Seperti tidak peduli lagi orang mau ngomong apa. Dia punya target yang kuat: LOLOS BABAK PENYISIHAN X-FACTOR hehehehe.

4,5,6, dst bolehlah tambah sendiri. Ok, one more inspiration comes 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s