M.a.k.n.a. H.a.r.i. W.i.s.u.d.a.

Mengerti akan kondisi negeri itu tidak mudah. Hingga tanggal 20 November 2012 tepat di hari wisuda saya, pertanyaan itu masih mengelayut. Bukan karena saya tidak tahu satu pun, tetapi mempertanyakan, apakah setiap orang yang senansip dengan saya (baca: diwisuda) benar-benar mengerti hakikat sarjana kami. Rindu akan ilmuwan di negeri ini boleh jadi tidak terperi, mengingat gejolak sosial yang begitu tinggi jurang pemisahnya antara orang-orang berpendidikan tinggi dengan yang tidak.

Selama perjalanan si program sarjana, hikmah menyukuri esensi hidup adalah hal paling penting yang saya lakukan. Mengapa? karena populasi sarjana hanya kurang dari 10 % populasi Indonesia saat ini. Belum lagi populasi aktifis dan organisatoris. Banyak orang mempertanyakan pergeseran orientasi aktifis yang mengejar popularitas. Ya, dalam praktiknya itu terjadi, tetapi perjuangan untuk tidak menjadi seperti itulah yang menjadi tantangan selama saya di studi. Akan lebih baik diam sementara untuk menghasilkan karya di kemudian hari, daripada terlalu sibuk menggembar-gemborkan jargon yang belum tentu kita pahami secara seksama. Perjuangan mahasiswa tidak lagi tentang bagaimana turun ke jalan. Tetapi perjuangan turun benar ke dalam gurita masalah masyarakat. Dalam peta masalah Indonesia, keruwetan ini sudah menjadi manakala kepemimpinan hanya seperti kucing dalam karung, hal yng kita tidak sadari sebelum publik mengetahui daftar panjang koruosi di lembaga-lembaga elit.

Jika mengingat kata ” badai pasti berlalu”, badai masalah itu akan selesai, pasti. Kunci keberhasilan itu ada pada sejauh mana peran mahasiswa dan alumni menempa dirinya dalam tantangan-tantangan hidup selepas dari kampus. Apapaun dan dimanapun berkarya, abdikan diri sebagai manusia nusa jauh lebih berguna. Jika benar Tuhan akan menyelesaikan permasalahan umat segera ( dan memang pasti akan terjadi) atas usahanya, inilah batu loncatan itu. Makna wisuda bukan tentang bagaimana kita bangga mengenakan toga atau selempang cumlaude, tetapi bagaimana tiga itu kelak menjadi saksi sejauh mana kiprah kita untuk negeri.

-salam sukses bagi seluruh wisudawan&wisudawati di manapaun Anda berada-

Advertisements

2 thoughts on “M.a.k.n.a. H.a.r.i. W.i.s.u.d.a.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s