FASTTRACK STUDIO LESSON LEARNED

FASTTRACK STUDIO LESSON LEARNED

Oleh

Emmy Yuniarti Rusadi

08/269141/TK/34290

 

Studio Fasttrack merupakan studio yang arahnya langsung pada usulan implementasi dengan prosedur internasional. Sehingga jika terdapat kejanggalan, dapat dibahas secara lebih komprehensif. Keuntungan sistem panduan yang sudah internasional seperti ini adalah kemudahan pengecekan terhadap contoh-contoh karya LBSAP Lokal seperti di Afrika dan Brazil untuk kemudian dibandingkan keselarasan dan tidaknya sesuai konteks keruangan lokus studio kita, yaitu Aglomerasi Perkotaan Yogyakarta (APY). Terdapat poin-poin yang dapat dijadikan pelajaran selama pengerjaan berlangsung.

A. Kejelasan Guideline LBSAP

Proses pemahaman guideline ini ternyata dapat ditarik dengan mengetahui apa itu LBSAP, skema LBSAP, dan elemen LBSAP. Jika dapat diistilahkan, kunci-kunci tersebut  saya sebut Three Keys: How to Understand LBSAP. Kunci pokok LBSAP Internasional adalah penyeimbangan elemen terbangun dan tidak terbangun, dalam hal ini adalah biodiversitas yang secara keseimbangan alam pun hakiki harus ada. Tinggal bagaimana menyiasati keberadaannya itu dalam konteks perkembangan urbanisasi

B. Proses Survey Lapangan dan Data Sekunder

Proses survey dilakukan berdasarkan elemen tangible flora dan kondisi fisik lahan spot-spot APY yang disepakati tim kerja studio. Kelemahan yang terjadi adalah mengenai parameter detail dalam survey. Pelibatan ahli survey biodiversitas perlu dioptimalkan. Bagaimanapun perencana kota harus mampu menyingkronkan ilmu terkait dalam proses ini. Saya berkesempatan melakukan survey pada skenario 1 (yang pada akhirnya semua survey pada skenario ini tidak 100% dipakai) di wilayah sekitar kampus hingga Condongcatur.

C. Penyusunan Laporan Studio

Proses penyusunan ini yang paling menarik karena melibatkan banyak pandangan seputar tujuan akhir (produk) studio LBSAP hingga poin apa saja yang harus dimasukkan. Saya berkesempatan mengoordinasi BAB V dan VI. Bersama dua teman lain, Hatta dan Rezki mengelaborasi dan memperjelas poin kesenjangan kebijakan dan praktik. Namun, kita berbangga bahwa sebelum ada LBSAP pun, APY sudah melakukan uoaya penyelamatan penghijauan dan swakelola oleh publik. Tinggal koordinasi dengan usulan dalam forum dengan upaya sekretariat. Saya juga menuliskan ide adanya istilah Land Budgeting untuk pemda mempermudah menyediakan RTH dan upaya kelestarian biodiversitas. Upaya pada flora akan membentuk habitat, kemudian fauna yang sekiranya dapat diterima dalam kacamata urban.

D. Tindak Lanjut

Kesempatan mengerjakan konsep internasional ke dalam khasanah lokal ini unik. Terlebih sorotan dunia mengenai perkembangan Yogyakarta kota pendidikan dan budaya. Jika proyek ini dapat dipresentasikan betul-betul pada forum internasional yang tepat, maka ke depan, riset ini dapat dijadikan inspirasi penelitian biodiversitas lain. Saya pun berharap setiap anggota fasttrack juga dapat menuliskan topik senada untuk dipublikasikan.

Advertisements

2 thoughts on “FASTTRACK STUDIO LESSON LEARNED

  1. I’ll right away grab your rss as I can’t find your e-mail subscription link or e-newsletter service. Do you have any? Please let me know so that I could subscribe. Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s