A Glass of Life//Dokter Kecil, Begitu Kata Bapakku

Dokter Kecil, Begitu Kata Bapakku

            Mengingat tempo-tempo jaman kecil yang imajinatif sangat menghibur sekaligus menjadi sejarah jejak diri. Sempat kuceritakan bukan bahwa hobiku dulu adalah panjat pohon.Bangga sekali bisa menceritakan itu padamu, pada guruku, pada kenalanku, dan mungkin kelak pada calon suamiku,haha. Pasti pertanyaan yang selalu muncul adalah mengapa aku senang melihat lansekap, seperti sudah garisan Tuhan bahwa bidang itu yang akhirnya membawaku masuk kampus, tata kota. Oh ya, judul yang kuberi memang benar adanya.Cita-cita berubah semasa kecil adalah hal normal, terimakasih karena telah mengajrakan padaku arti pentingnya bermimpi, bercita-cita, tahu kegagalan, tahu keberhasilan, dan asam manis lainnya.

            Bapak punya hobi membaca buku,apapun. Beliau paling senang memberiku wejangan kecil tentang hikmah-hikmah hidup. Ketika SD, Bapak tuliskan kalimat di buku tugasku, yang jarang kumal tentunya karena aku tidak suuka lipatan pada buku haha. Kalimat itu adalah “dr.jend.Emmy Yuniarti Rusadi” sepertinya itu yang kuingat.Maaf jika salah ketik, tapi maksud kala itu adalah Bapak membayangkan anknya ini dapat menjadi dokter untuk jendral di Angkatan Udara RI. Haha, tentunya semangat sekali aku tulis ulang kalimat itu. Kata Bapak, menjadi dokter bukan bermaksud membebaniku dengan tugas mengobati penyakit, tetapi tabungan akhirat.Baiklah, selama itu pula hingga kelas4 SD kutanamkan semangat.Setiap ada kupu-kupu, kala itu alam masih bersahabat, jadi kupu-kupu kuning dan hijau juga capung masih mudah sekali aku tangkap.Maaf ya, kau kusakiti untuk percobaan operasi jahitku dengan benang kain dan jarum sebesar itu untukmu, kupu. Perasaanku saat itu adalah bahwa menyambung sayap kupu yang kupatahkan adalah tindakan mulia.Tidak, ternyata tidak, kupu itu mati. Kuburan kecil di belakang sekolahku menjadi gundukan kecil yang kutanami bunga kecil berwarna kuning menyala, entah apa namanya.Bunga itu begitu bersinar sehingga aku pun menebutnya sebagai Bunga Matahari haha.

            Memang hanya kupu-kupu? Tidak. Aku suka melihat ikan, jadi ketika suatu saat ada ikan gendut di ember kecil, gemas juga rasanya. Ingin tahu seperti apa sih telur ikan itu, ya, aku bedah lalu kujahit lagi si ikan. Jika ikan itu punya nama, mungkin namanya adalah Ikan Maafin, maafkan aku hehe. Dari eksperimen itu lah aku tahu bahwa ikan tidak hanya punya satu telur seperti ayam, tetapi banyak sekali. Sugesti yang diberikan pada anak kecil akan menjadi semangat 45, itu mengapa aku beruntung semangat positif yang selalu disugestikan Bapak dan Ibuku. So much thanks!

            Ketika pulang dengan aktifitas dokter-dokteran kecil itulah aku ceritakan semua. Bapak tersenyum dan tidak marah. Hanya saja pengertian demi pengertian sembari keheranan masih kuingat di raut wajah beliau J

Hikmah yang selalu aku catat dalam pikiran adalah:

  1. Beruntunglah aku yang masih bisa menikmati pengetahuan masa kecil dengan kondisi alam yang mendukung.Bayangkan itu terjadi saat kini, oh bahagianya anak kecil era kini. Toh memang banyak hiburan yang menerbitkan mimpi untuk anak-anak, tapi jelas itu tidak lebih dari angan manusia dewasa yang dipaksakan demi industri hiburan.
  2. Untung aku berpikir bahwa apa yang kulakukan adalah wujud eksperimen yang tidak benar hehe, bukan psikopatik terhadap ikan.Oops, maaf, tapi kau sudah membantuku tahu isi perutmu. Hal yang jarang diketahui di anak seusiaku waktu itu.
  3. Perkataan orangtua yang diajarkan pada anak akan terkenang, sampai kapanpun itu. Jadi belajar untuk menjadi orangtua yang baik dengan kalimat yang baik
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s