A Glass of Life//Buku Cerita Karanganku: Aku Hobi Menulis, It’s True

Buku Cerita Karanganku: Aku Hobi Menulis, It’s True

            Semoga kawan SD ku membaca ini dan mengingat apa yang dahulu pernah diketahui atau akan rela mengaduk-aduk isi tumpukan buku Sdnya untuk sekedar menemukan bukuku yang hilang. Ini seperti harta karun buatku. Aku hobi sekali menulis cerita, haha, semacam skenaario imajinatif pula. Ada judul Mawar Biru, Pagar Biru, Dongeng Timun Emas, mungkin Cinderella, yang tentu saja aku tulis dengan alam bawah sadarku, haha istilah keren ini aku pakai ya. Dengan bangga aku pinjamkan secara bergilir pada kawan-kawan sekels untuk dikomentari. Sepertinya waktu itu aku terobsesi dengan kehebatan pengarang cerita Nirmala dan Oki di Majalah BOBO. Aku merelakan banyak waktu dan tentu saja uang Bapakku untuk memburunya bahkan untuk edisi loak sekalipun. Apa yang selalu menjadi penasaran adalah kisah itu, dan yeah Bona si  gajah yang super duber kocak dan kreatif.

            Dulu, selalu aku dan Bapak mencari loakan untuk memburu edisi BOBO yang ketinggalan seri. Tidak apa-apa. Isi bacaan kan akan bertahan lama karena berkualitas. Biasanya aku membeli dengan murah untuk beberapa majalah itu. Seingatku 5-10 mungkin, atau 3-7 begitu. Nah, karena pulangnya kami menggunakan minibus, belum sapai rumah, kisah Nirmala selalu sudah aku tamatkan di bus haha, iseng sekali! Yah, jadinya bungkus paket bacaan itu memang akan selalu terbuka begitu sampai rumah. Jujur Bapak kadang-kadang menegurku karena kebiasaan itu membuat aku kurang perhatian dengan kondisi mini bus haha. Cuek deh, seru sih hahaha. Kadang aku coba bisa menggambar ala kuis di BOBO, eh bisa juga, tapi pakai pensil dulu. Aku begitu senang krayon, sampai suatu saat aku belum lagi memilikinya, begitu beli, langsung patah karena lupa menaruhnya di tas, tas aku duduki, iseng betul !. Rumah kan sudah menjadi takdir untuk tempat curhat, jadi yah menangislah sejadinya. Sssst, jangan bilang-bilang, dulu aku tipe cengeng juga ternyata. Kata Ibuku, jangan terlalu lembutlah sama kawan yang jahil, itu juga jadi poin penting penuh hikmah.

            Nah, buku yang berisi catatan kisah dan dongeng, bahkan teka-teki yang aku buat dipinjam kawan sekelas SD, hilang beberapa lama kemudian. Baiklah, hingga akhir kelulusan dan kini aku masih berharap itu ditemukan. Saat itu tulisanku masih miring ke kanan J

Hikmah:

  1. Kembangkan kreasi kapanpun, dimanapun, tulislah walaupun bukti tulisanmu akan hilang dan itu menyedihkan, tetapi jiwamu ‘tidak gentayangan” karena ada sesuatu yang pernah dilakukan J
  2. Terimakasihlah pada orangtuamu, merekalah yang telah turut menunjukkan jalan imajinasimu, imajinasiku, imajinasi kita. Tinggal kita yang harus pandai membaca situasi hidup untuk menampungnya dalam memori J
  3. Jangan pernah remehkan masa kecil, jangan remehkan setiap momen berharga. Ya, berharga itu ada karena sesuatu itu akan hilang atau terlupa.
Leave a Reply

