KP BAPPENAS “One Road as A City Planner”

Kerja Praktek BAPPENAS

Direktorat Kawasan Khusus dan Daerah Tertinggal (KKDT)

Sub Direktorat Kawasan Rawan Bencana

 

Oleh

Emmy Yuniarti Rusadi

Teknik PWK UGM 2008

 

 

Kerja praktek (KP) bagi perencana kota adalah periode singkat yang menentukan. Mengapa demikian, karena inspirasi dan wawasan jaringan kerja terjadi.

Proses untuk masuk atau mendaftar KP sebenarnya sama seperti proses pelamaran KP pada umumnya. Tetapi BAPPENAS atau institusi nasional memang lebih terstruktur melalui birokrasi kepegawaian karena menyangkut jaminan legalitas dan honor (bagian ini riskan juga, hehe). Dalam prosesnya, akan lebih mudah jika terdapat tim kecil yang memiliki kesamaan tujuan institusi KP. Saat itu saya mengambil KP pada bulan Februari 2010, selama periode antar semester sekitar 1 bulan. Saya bersama rekan-rekan yaitu Hatta Efendi dan Muhammad Rezky Hr mengurus segala persiapannya. Saling bekerjasama itu akan mengefisienkan waktu bekerja. Semua persiapan dilakukan bulan November 2009 sehingga persiapan memang dibilang cukup lama. Berikut hal-hal/dokumen yang perlu dipersiapkan:

  1. Proposal KP (tidak ada standar yang BAPPENAS berikan, cukup buat sesuai standar namun detail sesuai kebutuhan)
  2. Surat izin KP dari pihak Jurusan Arsitektur dan Perencanaan UGM
  3. Surat rekomendasi dosen atau koordinator KP Teknik PWK UGM
  4. Hubungi via email atau telpon pihak kepegawaian BAPPENAS 2-3 bulan sebelum jadwal KP yang diajukan sesuai proposal
  5. Tunggu konfirmasi dan aktiflah menghubungi terus pihak kepegawaian BAPPENAS

Berikutnya saya sampaikan tips saat sudah ada keputusan penempatan KP oleh BAPPENAS sebagai berikut:

  1. Sebulan sebelumnya (tergantung kapan keputusan penerimaan disampaikan) siapkan pilihan tempat tinggal. Akan lebih baik jika sudah ada kenalan atau saudara di daerah dekat BAPPENAS atau area lain. Kebetulan waktu itu saya beroleh kesempatan tinggal di tempat paman saya (yang baru saya ketahui itu saudara jauh, hehe) yang berjarak 30 menit perjalanan normal menggunakan bus kota Jalur B 30 (yang dapat berhenti tepat di depan Taman Suropati depan BAPPENAS).
  2. Usahakan berkeliling dekat-dekat lokasi BAPPENAS pada H-5, H-3, atau H-2 untuk mendapatkan gambaran kemacetan dan jalur-jalur transportasi, ingat macet di Jakarta adalah sesuatu yang tidak dapat ditawar karena sudah menjadi rutinitas pada jam-jam sibuk.
  3. Selidiki moda alternatif dari tempat tinggal, misalnya sewa ojek. Jangan tajut menawar. Jika sudah kenal, naik ojek dari Bendungan Hilir ke BAPPENAS bisa Rp 3000,00 saja, hehe. Orang-orang di Jakarta sangat perhitungan J
  4. Kurang saya sarankan menaiki Trans Jakarta jika lokasinya jauh, mengingat keramaian yang sangat tinggi di dalam moda tersebut, namun begitu patut dicoba di saat hari libur J untuk membuktikan perbedaannya. Kadang hari libur digunakan untuk tetap bekerja, biasanya untuk rapat teknis/koordinasi lanjutan.
  5. Siapkan selalu camdig, setiap momen berharga harus diabadikan J
  6. Dalam pelaksanaannya, KP di BAPPENAS, kan menemui banyak pejabat penting sehingga bijaklah dalam bergaul. Jangan terlalu dekat, namun tetaplah sopan. Sebagai peserta KP, jangan terkejut jika menemukan sikap acuh tak acuh, boleh jadi dari supervisor kita karena kesibukan yang mereka miliki. Jadilah aktif, karena mereka justru menyenangi keaktifan kita. Tetapi saya pernah mengalami dimana terdapat forum yang menyaratkan saya tidak mempublikasikan sesuatu di luar forum, misalnya soal anggaran atau kesepakatan tertentu antar institusi karena perlu klarifikasi.

 

Tips saat berada dalam forum:

Mengapa saya perlu sampaikan hal ini, karena dalam dunia kerja BAPPENAS, hal yang paling menyibukkan adalah rapat-rapat koordinasi antar K/L (kementerian lembaga) atau pemda dan rangkuman-rangkuman dokumen. Notulensi menjadi hal penting untuk dibuat secara rapi dan detail. Saat itu, saya berkesempatan belajar membuat dokumen tanggap bencana dan RAN PRB Nasional 2011 (Rencana Aksi Nasional Pengurangan Resiko Bencana 2011) BAPPENAS dan BNPB. Beberapa rapat melibatkan pembahasan dana bagi pemda. Rapt tersebut melibatkan pihak-pihak seperti World Bank, BNPB, PU, BPN, Pemda DIY,dan tentunya BAPPENAS Sub Direktorat Kawasan Rawan Bencana.

Rapat koordinasi biasanya berlangsung lebih tepat waktu dengan presentasi taktis. Berikutnya adalah rapat tindak lanjut yang bisa berlangsung tidak di kantor lembaga, namun menyewa hotel atau tempat pertemuan. Dapat terjadi ketidakefisienan waktu dalam hal ini. Bekerjasama dengan teman terutama soal jadwal pulang, jika kesorean akan sangat membantu. Dalam rapat-rapat tindak lanjut, akan ditemui orang-orang yang sudah fokus dengan kerja masing-masing sehingga sangat berpotensi kita diacuhkan. Pandai-pandai kita turut mengendalikan situasi dan mengambil peran adalah hal terbaik yang dapat dilakukan. Buktikan bahwa kita mampu menyerap materi koordinasi. Saat itu saya mengambil peran desain dokumen disaster roadmap Merapi 2011 dan pengisian jumlah kerugian bencana Merapi (diluar kejadian lahar dingin). Nah, soal makan siang tidak perlu khawatir, jika terlibat dalam forum seperti ini biasanya sudah ditanggung dan di akhir pekerjaan dapat kita beroleh honor rapat J. Tetapi jika di luar rapat, kita harus mencari sendiri atau pesan makanan siang, ya perjuangan tersendiri J

 

Forum Berbagi Pengalaman Kerja Prektek (KP) Planologi UGM

Saya akan sangat senang jika teman-teman dapat berbagi dan diskusi lebih lanjut seputar tips-tips KP, terutama BAPPENAS. Akan lebih baik kita bersama-sama menciptakan forum berbagi KP lintas angkatan.  Sebaiknya terdapat FGD dengan teman diskusi sesuai kelompok kecil diskusi berdasarkan pilihan lokasi KP. Setahu saya, terdapat banyak variasi lokasi KP yang sangat berguna untuk ditindaklanjuti sebagai bekal generasi teman-teman Plano berikutnya. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini khusus saya tulis untuk website Planologi UGM. Jaya Teknik PWK UGM, Jaya selalu!. Walau demikian, saya juga membuka akses bagi teman-teman untuk membacanya di blog khusus berbagi pengalaman KP T.PWK UGM di kp-pwk.blogspot.com .Diskusi lebih jauh dapat menghubungi saya di email emmy.yuniarti.rusadi@gmail.com. Jangan lupa, selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing ya J. Terimakasih…

 

P.S: Saya membuat mini video yang dapat di download (tanpa plagiat tentunya) sebagai media belajar. Saya akan memberikannya via email J

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s