Berjuang!

Perjuangan itu adalah nyata. Nyata diucapkan dan dilakukan. Saya merasa bangga bahwa teman-teman aktifis mahasiswa mampu menggelorakan publik dengan isu atau tema yang dilontarkan, tetapi sedih juga bahwa kalangan SMA dan SMP kurang dapat memahami apa yang teman-teman aktifis ini perjuangkan.
Bagi saya, akan lebih baik waktu berdemi dipergunakan sebaik-baiknya mengajar, mentransfer ilmu pengetahuan, berbagi pengalaman, meluangkan tips=tips mengarungi masa depan yang sesungguhnya belum pasti ini.
Ini mengapa demo adalah pilihan terakhir setelah kita berjuang keras, setelah kita belajar bahwa menjalankan sesuatu itu tidak semudah ketika kita menuntut. Tetapi bukan berarti demonstrasi adalah haram. Ia ada sebagai ‘properti’ pergerakan, semacam teriakan yang bisa dilontarkan kapanpun. Pada dasarnya manusia memiliki keseimbangan nurani untuk bicara mana yang seharusnya dilakukan. Tidaka ada salahnya nasehat itu dilontarkan dengan cara yang berbeda.
Indonesia dibesarkan dengan hostori yang pahit, dimana berjuang itu tidak hanya dilakukan dengan komunikasi/diplomasi, tetapi dengan hentakan. Sayangnya, apa yang teman-teman aktifis lakukan saat demo justru menjadi irisan bawang, tipis sekali membedakan mana yang benar-benar mencari keadilan dengan mana yang mencari popularitas/pencitraan sesaat. Maafkan saya jika pandangan ini salah, namun bangsa ini sudah menangis terlalu lama. Generasi tua pendahulu merindukan anak-anaknya bertumbuh dengan profesional, meneriakkan sesuatu dengan dasar yang jelas, memastikan solusi yang ditawarkan didengar dengan jelas. Jangan habiskan energi kita untuk suatu tipuan zaman, kawan!

Advertisements

One thought on “Berjuang!

  1. Hey there! This post could not be written any better! Reading this post reminds me of my good old room mate! He always kept talking about this. I will forward this page to him. Pretty sure he will have a good read. Many thanks for sharing!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s