Kiprah (Mahasiswi) Pemimpin Wanita:Talent Beauty!

3 Mei 2011 pukul 21.12
Kiprah (Mahasiswi) Pemimpin Wanita:Talent Beauty!

Nama yang berarti bagi saya. Emmy Yuniarti Rusadi. Bapak saya seorang yang sederhana namun bersahaja. Ibu saya seorang yang paling rajin menurut saya .Emmy menurutnya mengandung makna kemegahan. Semangat itu yang terpatri juga dalam setiap doa langkah hidup terutama sisi perjalanan edukasi saya. Pemantik tiada dua.
Dibesarkan pada kondisi keluarga yang tidak pernah memiliki jaminan finansial sejak taman kanak-kanak. Bukan karena diinginkan, namun lebih karena keadaan yang harus ditaklukkan. Pernah mengalami bagaimna rasanya hidup tanpa nyala lampu selama berhari-hari karena keinginan keluarga untuk hidup berdikari. Juga tanpa nyala televisi saat yang sama. Saya tidak pernah merasa itu menyedihkan. Bapak selalu menyemangati agar hidup ini selalu dihadapi dengan penuh mimpi dan visi ke depan. Manusia tidak boleh menyerah terjepit apapun oleh ujian!
Tidak pernah ada didikan bahwa anak gadis harus dimanja. Terlahir sebagai anak sulung, sangat mendewasakan mental saya. Boleh jadi bukan hanya itu, namun lebih pada bagaimana saya bisa membentuk diri dan menginspirasi siapapun.
Ketertarikan pada kepemimpinan menunjukkan jalannya. Semenjak sekolah dasar, sifat untuk tunduk pada aturan dan menjalankan sesuatu sedisiplin mungkin melekat. Pernah menjadi pemimpin regu pramuka, pemimpin pleton inti Pasukan Baris-Berbaris (PBB) hingga memenangkan peringkat 3 tingkat Kabupaten Magelang. Kemudian SMP menjadi ketua Bidang Pendahuluan dan Bela Negara OSIS SMP Negeri 1 Muntilan. Kegiatan public speaking menjadi semakin biasa, seperti makan siang . SMA saya pernah jalani dengan menerima amanah Ketua KIR SMA Negeri 1 Sleman. Saat kuliah, peran-peran lain bergulir. BEM KMFT (Keluarga Mahasiwa Fakultas Teknik) hingga pencalonan Ketua BEM KMFT 2010-2011 sebagai satu-satunya kandidat putri saat itu.
Fakultas Teknik adalah salah satu fakultas dengan nilai maskulinitas tinggi. Bukan berarti bahwa peran wanita tidak dihargai, namun keberanian untuk berperan dan menjadi problem solver untuk kebutuhan publik masih perlu banyak inspirasi. Pengalaman menapaki dunia eksekutif maupun legislatif yang wanita bahkan orang capai, menjadi eksperimen hidup yang betul-betul menggores sejarah.
Ketika wanita yang jenius bahkan sebenarnya memiliki kemampuan lebih dibanding teman pria, masih malu-malu mengatakan bahwa :”Hei, saya bisa dan mampu menanggung beban itu”, di sisi lain dunia masih haus kiprah dan bukti sehingga suara masih belum didengar.
Keberanian tampil unik sebagai teladan wanita. Menurut saya itu menjadi kunci. Pro kontra mengenai apakah wanita layak memimpin, adalah efek yang harus dihadapi. Sebelum publik menentukan pilihan, berjuanglah!Wanita bisa menjadi pemimpin dimanapun, dalam artian tetap menjaga bagaimana peran kodrati yang harus sadar pula diambil.
Kesempatan diterimanya saya dalam International Youth Leadership Conference (IYLC) 2011 ke 22 di Praha (saat tulisan ini dibuat, penulis masih berusaha untuk total mencapai keberangkatan) menjadi momentum tersendiri. Semakin kuat kita berusaha memperkaya wawasan dan menyelesaikan ujian/tantangan, makin banyak bonus kehidupan yang bisa dirasakan.
Ingin selalu saya berbagi kisah nyata yang boleh jadi tidak setiap orang mempercayai, bahwa mimpi itu adalah kenyataan yang menunggu realisasi saja. Saat memilih jurusan kuliah misalnya, doa menjadi poin penting juga. Mimpi jamur ditengah kota yang mengantarkan saya pada pilihan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dimana saya menikmati setiap sensai belajar yang ada. Pada perkembangannya saya menemukan bahwa insyaAllah ini jalan saya, jalan mewujudkan imajinasi saya. Perlahan tetapi pasti, mimpi adalah modal kita bergerak!Bagi kaum wanita, siapapun Anda terutama mahasiwi, cobalah lupakan cara-cara manual menghadapi dunia ini. Bergeraklah elegan tanpa risau Anda harus menunggu kecantikan muncul. Kecantikan ada pada diri Anda!pada talenta Anda!pada cara Anda berkiprah dan menciptakan jejak prestasi!Jangan pernah risau untuk turut mencicipi kiprah-kiprah dan pengambil resiko!Dunia tidak selebar tas cantik yang Anda kenakan, namun seluas Anda, kita menciptakannya!
Talent Beauty! Sukseslah mahasiswi UGM!Mahasiswi Indonesia!Namun ingatlah peran-peran kodrati itu, peran yang akan selalu menanti juga pertanggungjawabannya 

Emmy Yuniarti Rusadi
Saat ini duduk pada Semester 6
Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UGM

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

