ASEC (Actual Smile English Club) #1

Kamis, 29 Septemper 2011

Alhamdulillah,alhamdulillah, alhamdulillah..
Inspirasi itu selalu datang setiap saat. Hanya bagaimana kita yang mengubah itu semua menjadi suatu kenyataan yang mendukung terwujudnya mimpi dan imajinasi. Sekitar maghrib yang mengagumkan saya men-chat kakak angkatan sesama teman KKN Unit 84 Kemadang UGM, kak Teguh Puji Widianto. Dialah yang menanyakan kabar dan kelanjutan presentasi dan wawancara Hitachi Young Leader Innitiative 2011. Saya beritahukan berita gembira bahwa saya masuk dalam 7 besar mahasiswa yang lolos diwawancarai. Tepat pada Selasa, 27 September 2011 jam 11.05 (terlambat dari jadwal semula jam 10.00 di Ruang Sidang 1 UGM, Kantor Pusat UGM) wawancara itu berlangsung. Terdapat 4 pewawancara all in English!hehe. Salah satu yang menjadi perhatian saya adalah leader interviewer yaitu Mr.Mark (oops,saya lupa nama belakangnya,OK,saya ingat dulu deh) dengan semua kekhasan bicaranya mewawancarai. Saya menjawab saja seperti orang yang diajak ngobrol teman, yah, menghilangkan rasa gugup itu adalah tips untuk berhasil. Semoga pertengahan Oktober ini saya mendapatkan berita bagus itu, ‘Emmy, selamat, Anda terpilih sebagai delegasi Indonesia dalam ajang 11st Hitachi Young Leader Innitiatives di Hanoi, 9-13 Januari 2012 ini”! Allahuakbar will be!!
Nah, saat wawancara itulah saya merasakan bahwa setelah keluar dari ruangan, harus ada sesuatu yang musti saya lakukan tentang English, apapun itu. Sudah lama saya merindukan mendirikan mini-international class untuk Teknik PWK UGM tercinta, mewariskan hal positif yang semoga dapat dikembangkan. ASEC adalah embrio untuk multidisipliner, selanjutnya planologi UGM, I will rock you!OK!
Nah, hari berlanjut, hingga akhirnya chat di FB dengan kak Teguh terjadi. Dia membicarakan soal kemampuan Bahasa Inggris, asseeekk, Bahasa Inggris saya juga masih harus diasah, hehe. Saya tawarkan untuk kita saling berkomunikasi dan diskusi dalam Bahasa Inggris. Ya, kata setuju terlontar, kemudian usulan periodik.Wah, bagus sekali! (semoga kau membaca tulisan ini kak,hehe). Kemudian usulan grup di Facebook terpikirkan. Saya usulkan namanya, dan ASEC pun lahir! Actual Smile English Club, plesetan dari bahasa anak muda yang penuh semangat: Asseeeekkk!!.Kata itu punya makna positif bagi saya, mengandung inspirasi untuk tersenyum setelah mendengarnya. Nama ini kami setujui, kak Teguh lah yang membuatkan akunnya, saya yang mengolah awal konten dan aturan mainnya (ceilehhh). Alhamdulillah, 5 menit pertama (ya sekitar itu deh hehe) semua teman yang online chat saya kirimi link.Dapat 45 sebagai angkatan pertama (asseeekkk).
Tahukah, bahwa doa adalah penuntun hari. Setiap saat saya selalu berdoa bersihkanlah pikiran ini dan lancarkanlah ‘lalulintas’ otakku ya Allah. Dia tidak diam. Setelah inspirasi lain pun muncul dari hasil sosialisasi kedua Program Beasiswa Fasttrack DIKTI 2011 (kebetulan saya mengikutinya, berkesempatan dapat dengan sekitar 102 teman seuniversitas UGM yang turut lolos) bahwa salah satu kewajiban insan akademisi/pembelajar adalah berbagi. Sepakat sekali. Semoga apa yang dilakukan ini menjadi inspirasi pemuda lainnya. ASEC insyaAllah merupakan klub muda belajar English pertama di Facebook yang melibatkan latar belakang anggota yang bervariasi. Bentuk sosial untuk bersama membagi kemampuan dan kemauan. Ke depan, akan diagendakan ASEC GATHERING untuk mengajak teman-teman anggota saling bersilaturahmi, membagi informasi beasiswa dan ilmu hidup dan mengadakan ASEC YOUTH CAMP bagi pemuda lain yang ingin belajar Bahasa Inggris tanpa rasa canggung, malu, atau biaya besar. Ini saatnya pemuda Indonesia menguasai segala bidang melalui bahasa. Bahasa adalah masalah kebiasaan, bukan masalah uang dimana ilmu bisa selalu dibeli. Ilmu layaknya energi, dia tidak musnah jika terus ditularkan. Sayangnya, ilmu akan mengendap pada orang yang tidak mau berbagi. Jadi inilah saatnya pemuda melakukan ‘gotong royong’. Mahasiswa bukan lagi sebagai jenius dalam kandang, tapi macan kumbang, cepat dan tanggap!
Silahkan sempatkan bergabung dalam grup Facebook: ASEC (Actual Smile English Club). Ajak teman-teman yang masih malu-malu belajar Bahasa Inggris. We learn together, asseeekkkk!!!.Terimakasih

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

