I.n.i.l.a.h A.n.a.k N.e.g.e.r.i I.n.d.o.n.e.s.i.a

Sepertinya kita hadir sebagai sosok yang tidak sia-sia. Bahkan teriakan kita bisa menjadi dua sisi berantai. Positif dan negatif. Apa maksudnya?

Saya cukup terketuk dengan perubahan zaman yang begitu cepat. Banyak hal terjadi. Dinamika pun terjadi. Banyak pula aksi-aksi. Mungkin ini adalah topik basi, tetepi akan terus terjadi. Entah hingga nanti, hingga mati,mungkin.

Adalah sesuatu yang wajar ketika aspirasi kita ditanggapai dingin oleh pihak yang kita teriaki. Nmaun emosi sesaat kadang menjadikan segala substansi perjuanagn menjadi nihil, hanya menyisakan kering di tenggorokan. Basa-basi itu memang terus akan terjadi, ketahuilah itu. Saya amat prihatin ketika mahasiswa yang notabene intelektualis belum mampu menyikapi pergerakan itu sendiri dengan cara yang lebih unik. Bukan saya menolak mentah segala bentuik aksi, namun ada tata-cara yang kiranya harus dipahami. Serahkan hal itu pada teman yang memang ahli untuk beroras. Ahli untuk ber-aksi secara damai dan tertib, jangan asal ikut meramaikan suasana, legitimasi mencari sensasi,atau inspirasi  (??!).

Ada yang mulai bergeser sepertinya. Dulu, mahasiswa beraksi atas nama hati. Kini, entahlah, apakah hanya sebagai format sesaat, formalitas seolah-olah ingin menunjukkan bahwa kajian mereka benar. Saya betul-betul prihatin untuk tipe seperti ini. Lebih baik Anda diam memperhatikan media dengan wacana aksi sambil terus berpikir menciptakan karya nyata, daripada satu hari penuh berkoar atas nama rakyat, namun tidak mengerti esensi.

Tidak ada kata benar ataupun salah, semua kembali dari hati dan pikiran. Apakah masih ada nurani yang masih tersisa??Harus!Harus!

Saya kira, mulai sekarang, pertimbangkan betul apa itu aksi. Jika memang perlu, silahkan, tetapi jika hati Anda sendiri masih bimbang dengan kepastian aksi Anda, mundurlah teratur, cari alternatif berkarya untuk negeri!!Selesaikan juga skripsi, penelitian, atau inovasi lain. Kelak dunia dan pesohor akan menatap Anda dengan bangganya: Inilah anak negeri Indonesia!!!

Advertisements

One thought on “I.n.i.l.a.h A.n.a.k N.e.g.e.r.i I.n.d.o.n.e.s.i.a

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s